Selasa, 19 Februari 2013

Liburan Keluarga Besar..

Asiknya bisa liburan bersama keluarga besar. Selain bisa refreshing bareng, juga bisa ketemu semua anggota keluarga.
Merencanakan liburan dengan keluarga besar repot gak?

Repot pastinya, tapi dibandingkan dengan bakalan ketemu dengan semua orang dan having fun, malah jadi gak mikir repotnya. Malah bikin excited...!

Apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk liburan keluarga besar. Berdasarkan pengalaman saya dan keluarga (dengan anggota 20 orang yang ikut liburan), berikut yang bisa saya share.

1. Tentukan tgl liburan. Berhubung banyak anak2 yang akan ikut, biasanya akan menyesuaikan dengan liburan anak sekolah. Orang tua nanti akan menyesuaikan cutinya dengan liburan sekolah. Pilihannya libur sekolah, libur lebaran, atau libur natal/tahun baru.

2. List nama2 seluruh anggota keluarga yang akan ikut liburan (dewasa, usia anak/tgl lahir yang lengkap, nama lengkap, laki2/perempuan, no paspor (Jika akan ke luar negeri))

3. Tentukan destinasi liburan. Apakah mau keluar negeri atau di indonesia. Berikan beberapa alternatif, untuk mempermudah menyiapkan perbandingan budget masing2 destinasi.

4. Rencanakan liburan jauh-jauh hari. Misalnya 6-8 bulan sebelumnya. Hal ini untuk mempermudah dalam reservasi tiket pesawat dan hotel

5. Mulailah hunting harga tiket pesawat/transportasi dan hotel. Karena biaya ini cukup besar, jadi harus disiapkan dari awal. Rajin2lah browsing di website maskapai penerbangan, karena jika beli jauh2 hari biasanya harga lebih murah. Rajin2 searching promo dari maskapai penerbangan yang ada. Untuk pembelian tiket pesawat, biasanya saya menggunakan kartu kredit. Karena bisa kontak ke bank yang mengeluarkan dengan cicilan per bulan. Selain tidak terlalu berat, s.d hari H, pembayarannya sudah lunas. Untuk pesan2 tiket biasanya akan ada 1 orang yang handle. Orang ini yang akan melakukan booking2an tiket pesawat dan hotel. Sebenarnya fleksibel aja, kalo masing2 keluarga mau booking sendiri juga oke. Hanya saja, gak semua orang sempat untuk hunting tiket pesawat. jadi kalo ada 1 orang yang bisa handle ini, lebih enak. :)

6. Mulailah hunting hotel yang sesuai dengan budget yang akan diinginkan.

7. Lakukan perbandingan biaya masing2 tujuan. beberapa hal yang menjadi bagian dari biaya adalah sbb:
- Biaya tiket Pesawat per kepala/keluarga
- Biaya hotel (jumlah kamar). Normalnya hotel mengijinkan 2 adult, 2 kids per kamar.
- Biaya selama di tempat tujuan : Sewa mobil, biaya bbm, biaya makan siang dan malam, biaya masuk tempat wisata, dll

8. Setelah perbandingan biaya masing2 alternatif tujuan ada, informasikan ke kepala keluarga atau orang yang handle keuangan keluarga, untuk bisa ditentukan destinasi final liburan. (biasanya sih yang murah yang jadi pilihan.. :) )

9. Setelah destinasi sudah pasti, siapkan list itinerary selama disana. Misalnya liburannya 5 hari, silahkan siapkan skedul hari pertama sd hari ke 5. Walaupun gak 100% terlaksana, paling gak ada gambaran dan informasi ke keluarga alternatif2 tempat yang mau dikunjungi. Biasanya skedulnya dari pagi sd sore walaupun bisa aja molor sd malam. Namun karena ada anak kecil, biasanya kami memilih skedul yang fleksibel, jadi anak2 juga gak terlalu cape. Kalo lagi malas keluar, bisa berleha2 di kolam renang hotel, atau main2 dipantai, atau sekedar nongkrong di cafe rame2. *yang penting kebersamaannya*

10. Bikin panitia kecil. Misalnya : yang pegang uang cash siapa? alias bendahara (kalo bisa yang anaknya udah gede n jago itung2an, kalo masih punya toddler pasti rempong buat bayar2an) dan seksi dokumentasi (pegang kamera dan video). Walopun semua keluarga pasti bawa kamera, biasanya pasti cuma foto keluarga masing2, nah seksi dokumentasi ini harus bisa hunting foto2 untuk semua keluarga.

11. Sediakan 1/2 sd 1 hari khusus ngumpul buat keluarga untuk acara foto2 ataupun permainan keluarga. Misalnya lokasi di pinggir pantai, bisa bikin acara lomba lari estafet, lomba isi botol air mineral, main sepak bola, main layangan, dll tergantung lokasi. Semua peserta ikut, dari orang tua sd anak2, bisa per grup bisa per orangan. Tapi lebih seru kalo dibikin grup. Hadiahnya juga disediakan, gak harus yang mahal2, yang penting buat rame2 misalnya coklat, biskuit/wafer sekotak, yang isinya buat rame2.. biasanya kita bikin permainan 1 hari sebelum pulang, dan anak2 selalu menunggu2 acara games ini setiap liburan.

12. Kalo pengen kelihatan kompak, bisa bikin kaus keluarga. Desain, warna, dibicarakan bersama2. Ordernya jauh2 hari, misalnya 1 bulan sebelum tanggal keberangkata. Pake kaus seragam seru loh, dan memang bikin kompak. !!

Waaah.. setelah nulis cerita ini jadi pengen liburan lagi.... *gaksabar*

Let's plan the getaway....!!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar